Hardening File Wordpress di VPS/Dedicated Server (chmod)

WordPress sudah banyak digunakan sebagai Content Management System. Karena update nya yang on-time, dan instalasi serta penggunaannya yang mudah, menjadikan WordPress sebagai alternatif bagi mereka yang ingin memiliki Website, tetapi tidak bisa coding.

Beberapa orang memilih menggunakan hosting sebagai wadah dari WordPress mereka, dan ada juga yang menggunakan VPS/Dedicated Server. Dan sebagian besar VPS/Dedicated Server itu menggunakan System Operasi Linux. Disini saya akan memberikan trick, bagaimana mengamankan file WordPress yang terinstall dalam VPS/Dedicated Server anda menggunakan chmod.

Step 1.

Berpindah ke direktori installasi WordPress.

Biasanya direktori installasi WordPress berada di folder public_html didalam folder user, atau di folder /var/www/html/ jika kita tidak mengubah default home direktori di aplikasi Webserver kita.

Gunakan perintah,

 cd /path/to/your/directory 

 

/path/to/your/directory/ disini dimaksudkan adalah folder dimana file Wodpress anda terinstall.

Step 2.

Eksekusi chmod untuk folder.

 find . -type d -exec chmod 755 {} \; 

 

Step 3.

Eksekusi chmod untuk file.

 find . -type f -exec chmod 644 {} \; 

 

Sukses, anda telah memberikan permission untuk file WordPress anda di VPS/Dedicated Server anda. Kenapa chmod menjadi begitu penting untuk file dan folder di Linux? Penjelasan tentang chmod dan implementasinya akan di jelaskan pada artikel selanjutnya.

Terima kasih.

Share This:

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *